Aktivitas Pengeboran Proyek KCIC Guncang Rumah Warga, Sejumlah Fasilitas Rusak

Newszonamerah.com – Getaran akibat radiasi pengeboran tiang pancang kereta cepat Jakarta-Bandung sontak membuat kaget warga sekitar. Warga sekitar merasa getaran proyek tersebut seperti gempa bumi.

“Seperti kayak ada gempa bumi, getarannya keras banget, saya panik makanya saya langsung lari keluar rumah,”ujar salah seorang warga sekitar, Adi (32), di Jalan Cemerlang, Jatibening, Pondok Gede Bekasi, Kamis ( 9/1/2020)

Bacaan Lainnya

Menurut Adi, ketidak jelasan pengelolahan menimbulkan tindakan semena-mena. Seharusnya pihak provider dan pemerintah harus menjelaskan hal ini

“Bahwa berbagai dampak harus di perhatikan secara detail sehingga tidak merugikan masyarakat,” kata Adi

Sementara itu, Vera (27) juga merasakan yang hal sama. Dirinya mengalami getaran terasa seperti gempa bumi.

“Semua barang di toko saya goyang-goyang, getarannya terasa bangat seperti gempa bumi,” ujar Vera pengusaha foto copy di Jln. cemerlang, Jatibening, Pondok Gede Bekasi.

Menurut Vera, semenjak ada aktivitas pengeboran proyek kereta cepat itu, beberapa kali dirinya merasakan guncangan dan akibatnya berdampak dengan kerusakan mesin fotocopynya.

“Mesin fotocopy saya rusak, kalau sudah begini saya bingung harus ngadu ke mana, karena semenjak proyek itu beroperasi tidak ada sosialisasi terhadap warga terkait dampaknya,” tuturnya.

Sementara itu mey (24) warga lain juga merasakan yang sama, di ruang tamu rumah Mey, pajangan di ruang tamu bergoyang-goyang.

“Ya mas, getarannya berasa banget seperti gempa bumi ,” kata Mey kepada media ini, Kamis, (9/1/2020).

Proyek yang sudah diresmikan Jokowi 21 Januari 2016, merupakan salah satu fokus pembangunan insfratruktur pemerintah presiden Jokowi Dodo (Jokowi) dan wakil presiden Jusuf Kalla (JK)

Memang kerap menimbulkan masalah, seharusnya pihak pemerintah setempat khususnya Kota Bekasi dapat melakukan sosialisasi dan memfasilitasi sebagai pendamping warga.

Hingga berita ini diturunkan pihak KCIC belum ada yang kasih keterangan perihal dampak tersebut.

(Mulyadi)

Pos terkait