Ayu Azhari Ajak Masyarakat Membangun Ekonomi Lewat UMKM

Ayu Azhari Ajak Masyarakat Membangun Ekonomi Lewat UMKM

Bacaan Lainnya

Jakarta, Newszonamerah.com – Aktris Ayu Azhari mengaku sejak belia sudah menjadi pelaku usaha, kini dari pengalaman yang ia dapat, Ayu berusaha melibatkan orang lain. Tujuannya untuk memperbaiki perekonomian mereka semakin berkembang, utamanya lewat UMKM.

Hal ini diungkapkan Ayu dalam Ngopi Daring Bela Negara yang diinisiasi oleh Bela Negara Kementerian Pertahanan RI kemarin, dengan tema Usaha Mandiri Untuk Semua.  Hadir dalam acara tersebut selain Ayu Azhari, diantaranya ada Dewi Motik, Vena Malinda, Direktur Bela Negara Brigjen TNI Jubei Levianto, Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Dr Kh. Muhammad Zakki M.Si, dan lainya.

Pemahaman Bela Negara sendiri menurut Ayu, ia belajar dari Teguh Karya, bentuknya bela negara dengan mengumpulkan anak anak berbakat untuk dilatih mencapai cita citanya di bidang film. “Jadi saya belajar sama dia bahwa kita harus bermanfaat buat lingkungan,” katanya.

Kemudian belajar dengan Gusdur, orang yang sangat peduli dengan orang orang ‘kecil.’ Dia bilang mikro ekonomi itu penting, saya pikir iya…. ya kalau rakyatnya nggak ada ikhtiar, mau makan apa. Berbagi dan kebersamaan adalah bentuk bela negara juga tentunya,” lanjut Ayu.

Masih bicara soal bela negara, Dewi Motik menerangkan, “Saya nggak pakai teori, sederhana saja. Selama apa yang kau lakukan banyak manfaatnya untuk orang lain, langsung kerjain karena untuk negara. Iman dan taqwa pasti jalan karena apa, kita nggak mikirin diri sendiri,” timpal Dewi Motik yang dapat peniti emas dari negara karena aktif dikegiatan sosial di masyarakat.

“Saya membayangkan kalau semua  pengusaha kita punya misi seperti mbak Ayu, Mbak Vena, Bunda Dewi Motik, mas Nur dan Kiyai Zakki, membangun usaha memikirkan kesejaheteran masyarakat di sekelilingnya bukan pribadinya, ini Indonesia tidak akan susah. Rakyat akan makmur karena pengusaha memikirkan kesejahteran masyarakat,” sambut Brigjen TNI Jubei Levianto Direktur Bela Negara.

Kembali ke soal bisnis, Ayu menjelaskan pada awak media, sebenarnya sejak SD sudah melakukannya. Mulai dari buka perpustakaan, yang disewakan ke teman teman, jual popcorn dipengajian neneknya. “Hasilnya bukan untuk saya tapi untuk kegiatan bersama teman teman yang bermanfaat,” aku Ayu senang seperti ada keberhasilan, ada prestasi, ada ikatan dengan teman dan keluarga, ke buyer juga.(red)

Pos terkait