Cegah Tetanus, Puskesmas Tepa MBD Imunisasi Perempuan Usia Produktif

  • Whatsapp
Cegah Tetanus, Puskesmas Tepa MBD Imunisasi Perempuan Usia Produktif


TEPA – Newszonamerah.com.
Puskesmas Tepa, Kecamatan Pulau Babar Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melakukan kegiatan imunisasi khusus untuk perempuan usia produktif. Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mencegah tetanus, digelar di Balai Desa Yaltubung, Kecamatan Pulau Babar Barat, pekan kemarin. 

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, kegiatan ini untuk menyokong kesehatan perempuan usia produktif mulai dari 15 tahun sampai 49 tahun.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyuluhan singkat oleh petugas imunisasi dan Pomkes Puskesmas Tepa, antara lain oleh Jon Leunupun, D3 Keperawatan, Nyonya Ela Helyanan,D3 Keperawatan, dan Nn. Yesmendo Sikwanwan,S.kim.

Tenaga medis dari puskesmas Tepa pada kesempatan itu menyatakan bahwa, manfaat imunisasi yang diperuntukan bagi perempuan usia produktif ini, adalah untuk melindungi bayi baru lahir dari tetanus neonatorium atau tetanus pada bayi usia kurang dari satu bulan. 

Selain itu, manfaat berikuttnya adalah, untuk melindungi ibu yang baru melahirkan, terutama terhadap kemungkinan tetanus apabilah terluka saat persalinan.

Dijelaskan juga bahwa, imunisasi TT atau Tetanus Toksoid akan melindungi kekebalan imun tubuh seumur hidup. Dan adapun cara pemberian vaksin dilakukan dalam lima tahap, yakni TT pertama: pada kunjungan pertama, TT kedua: 4 minggu setelah TT pertama, TT ketiga: 6 bulan setelah TT kedua, TT keempat: satu tahun setelah TT ketiga, dan TT kelima: satu tahun TT keempat.

“Itu adalah urutan imunisasi lengkap sehingga bagi perempuan usia subur harus mengikuti dengan sempurna pemberian imunisasi tersebut,” kata para penyuluh.

Dikatakan, ibu-ibu yang mengikuti imunisasi sangat senang, mengingat kegiatan itu juga tak dipungut biaya sepeserpun, dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka.

Pada akhir kegiatan, para petugas kesehatan berharap untuk ibu-ibu yang sudah mengikuti imunisasi dapat menyebarkan informasi bagi semua kaum perempuan berusia 15 hingga 49 tahun untuk dapat megikuti imunisasi seperti ini di waktu mendatang. (eky)

Pos terkait