Desak Rektor, Puluhan Demonstran Tuntut Pencabutan Skorsing 20 Mahasiswa UNCP

Aksi Solidaritas Mahasiswa Palopo menggelar unjuk rasa mereka menuntut Rektor agar mencabut Skorsing 20 Mahasiswa UNCP

Newszonamerah.com – Aksi Solidaritas Mahasiswa Palopo kembali digelar

Puluhan mahasiswa turun ke Jalan Ratulangi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo

Bacaan Lainnya

Dalam orasi itu, mereka menuntut keputusan Rektorat Universitas Cokrominoto agar mencabut skorsing 20 mahasiswa UNCP

“Tindakan rektor dengan menskorsing sebanyak 20 mahasiswa tersebut sangat mencideriai UUD1945, tentang setiap warga Negara yang mendapatkan pendidikan,” ungkap Jenderal lapangan, Egar

Egar mengatakan bahwa keputasan rektorat yang menskorsing mahasiswa mencedarai amanat konstitusi pasal 31 ayat 1 yang berbunyikan, setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

Dia juga menegaskan bahwa tindakan rektorat tersebut adalah salah satu wujud pembungkaman Demokrasi yang terjadi di Kampus Universitas Cokrominoto.

“Sudah jelas didalam UU No 9 tahun 1998 pasal 1 ayat 1 yang berbunyikan Kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara”

“Untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku”

“Namun dalam hal ini tindakan kampus tersebut dengan menskorsing mahasiswa bertentangan dengan UU no 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum,” jelasnya.

Diketahui, pada Kamis lalu, dilaksanakan sidang perdana mahasiswa yang terkena skorsing di Pengadilan Negri Palopo.

Rencananya, mereka yang tergabung dari beberapa lembaga yang ada di Kota Palopo akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Palopo.

(Ono)

Pos terkait