Diperkirakan Ganjar Pranowo Tidak Akan Mendapatkan Tiket Nyapres Dari PDIP

  • Whatsapp
Diperkirakan Ganjar Pranowo Tidak Akan Mendapatkan Tiket Nyapres Dari PDIP


Bacaan Lainnya

Newszonamerah.com – Hasil surveri terbaru soal capres 2024 belum terlihat ada kejutan. Ganjar Pranowo juara di angka. Sementara Puan Maharani masih mumpuni di kandidat capres PDIP. Juaranya memang itu-itu saja. Belum ada kejutan berarti. Sejumlah tokoh kuat hanya gantian posisi.

Survei Voxpol Center Research and Consulting menempatkan Ganjar Pranowo sebagai juara pertama. Elektabilitas Ganjar mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Ganjar juga masih di atas saingannya di PDIP, Puan Maharani. 

Pengamat politik, Saidiman Ahmad menilai, sulit bagi Puan mengejar elektabilitas Ganjar. “Modal awalnya relatif sama, tapi output elektabilitasnya berbeda jauh,” papar Saidiman, kemarin.

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh tingkat kedisukaan yang juga berbeda. Dengan popularitas yang sama, ada sekitar 84 persen publik yang tahu Ganjar menyatakan suka. Sementara yang suka pada Puan dari yang tahu hanya sekitar 58 persen. Artinya, resistensi pada Puan relatif sangat besar dibanding Ganjar.

“Pekerjaan rumah bagi Ganjar relatif lebih mudah, yakni meningkatkan pengenalan publik padanya. Sementara, Puan harus menyelesaikan persoalan meningkatkan kedikenalan dan kedisukaan sekaligus,” terangnya. 

Kalau melihat elektabilitas, tentu Ganjar pemenangnya. Tapi Puan adalah ratu di Banteng. Puan merupakan putri bos PDIP Megawati Soekarnoputri. Jadi, peluang Puan untuk mendapatkan tiket capres dari PDIP lebih besar dibanding Ganjar.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi ikut membeberkan survei yang sudah dilakukan. Dengan simulasi top of mind atau pertanyaan terbuka yang dilakukan pihaknya menemukan Ganjar di posisi pertama.

“Yakni 17,3 persen,” kata Pangi, merilis survei nasional yang digelar secara virtual, kemarin.  Jokowi muncul di posisi kedua dengan angka 16,8 persen dan Prabowo Subianto di posisi ketiga dengan 16,5 persen.

Selanjutnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan 13,7 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 8,3 persen. Di bawahnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,9 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen.

Setelah itu, barulah Ketua DPR Puan Maharani yang memiliki elektabilitas 1,3 persen. Ketika simulasi semi terbuka dengan 19 nama, Ganjar kembali jauh meninggalkan Puan. Ganjar berada di urutan pertama dengan 19,2 persen. Sedangkan Puan bertengger di urutan sembilan dengan angka 1,3 persen. Di posisi buncit ada Khofifah dengan 1,2 persen.

Pangi menyimpulkan, belum ada kandidat calon presiden dengan elektabilitas yang cukup meyakinkan setelah petahana tidak bisa lagi mencalonkan diri. (wartaekonomi.co.id)

Pos terkait