Forum RT/RW Kab. Cianjur Gelar Bintek Pengurus Se-Kec. Karangtengah

  • Whatsapp
Forum RT/RW Kab. Cianjur Gelar Bintek Pengurus Se-Kec. Karangtengah

Bacaan Lainnya


Foto: Forum RT/RW Kab. Cianjur Gelar Bintek Pengurus Se-Kec. Karangtengah. 


Cianjur, journalnews: Dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW, Forum RT/ RW Kab. Cianjur menggelar acara pelatihan peningkatan kapasitas  RT dan RW, Pelatihan ini  dihadiri oleh Ketua Forum RT/RW Kabupaten, Camat Karangtengah, Kepala Desa Ciherang selaku tuan rumah, Bank BJB serta seluruh ketua RT dan ketua RW se-Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur Jawa Barat. 

Kegiatan Bintek tersebut bertempat di Aula Desa Ciherang. Kecamatan Karantengah, berjalan  lancar  dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan ( Prokes ) Covid – 19.

H. Daseng Halimi, SH selaku Ketua Forum RT/RW  Kabupaten Cianjur menilai bahwa  kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT & RW ini sangat penting untuk memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Karena mereka merupakan pemerintah bawah yang mempunyai beban tugas yang sangat berat, bahkan sebagai garda terdepan dalam mengatasi permasalahan atau kegiatan yang terjadi di wilayahnya baik itu kegiatan swadaya gotong royong dan harus mampu menampung aspirasi  masyarakat yang selanjutnya melaporkan kepada Pemerintah Desa atau Kelurahan, jadi sangat jelas tugas RT dan RW sangat berat belum lagi harus mampu melayani segala kebutuhan masyarakat, Seperti halnya pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan sumber daya manusia ( SDM ) juga Sumber Daya Alam ( SDA ) hingga perkembangan potensi yang ada di wilayahnya bisa lebih maju. Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa.” tutur Daseng menegaskan.

Kegiatan ini sesuai dengan Perbub No 37 tahun 2019 agar program tersebut dapat tersampaikan kepada RT/RW, terutama dalam pengurusan atau pembentukan RT & RW jangan sampai salah tapsir,  tambahnya

Sementara Nyanyang Sarip Hidayat, Selaku Kepala Desa Ciherang mengaku,” sangat menyambut baik juga bangga dengan adanya kegiatan pelatihan Bintek RT – RW ini, dengan adanya RT dan RW pemerintah Desa merasa terbantu dan dapat menambah wawasan serta ilmu yang didapat di pelatihan ini, khususnya bagi para Ketua RT dan RW yang ada di Desa Ciherang.

“Jadi kita harus lebih mengetahui sejauh mana tugas dan pungsi ( Tupoksi ) RT dan RW, diharapkan usai kegiatan ini dapat merealisasikan di lingkungannya masing-masing, untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat.intinya harus bisa bersinergi dan kompak antara masyarakat, RT – RW juga Pemerintahan Desa.” pungkasnya. (Gun)

Pos terkait