Kasus Kosmetik ‘Ilegal’ di Polda Sulsel Ngambang, Pemilik Ruko Marah marah Saat Ditemui Wartawan

Pada saat pengerebekan di Ruko

Newszonamerah.com – Pengerebekan Kosmetik ‘Ilegal’ Disebuah Rumah toko (Ruko) di Jalan Kaka tua, kota Makassar, Beberapa Waktu lalu, Sejumlah anggota Polisi Pemilik Ruko inisial AAN Marah marah (ngambek) saat di temui wartawan (Kulitinta). Kamis (12/5/2022)

Pemilik (Owner) Ruko inisial AAN, mengatakan Ia tidak terima kedatangan wartawan dan akan melapor balik terkait yang melaporkan dirinya ke polisi.

“Nanti kita bicara di Polda, saya akan lapor balik yang Melaporkan saya, kenapa saat ada polisi ada juga Wartawan, Izin kami ada, kami sudah bicara dengan polisi, harusnya ada surat izin dari kepolisian, kamu datangi rumah saya harus ada izin dari polisi” ungkapnya dengan nada kesal.

“Saya dengan pak Dir (Dirkrimsus), Kasubditnya sudah bicara. Makanya polisi bilang tidak menelpon wartawan, tapi anda bilang ditelepon polisi.” ketus AAN kepada sejumlah wartawan.

“Besok di Polda saja, karena kan sudah mi dari kepolisian sudah ada panggilannya.” tandasnya

Sementara Salah seorang anggota Ditreskrimsus Polda Sulsel saat dimintai keterangan, juga terkesan menghindar lalu mengarahkan wartawan untuk langsung Bicara Ke Kasubdit

” Langsung aja ke kasubdit, kami tidak punya wewenang memberi keterangan” ucapnya saat di temui di ruangannya.

Terpisah, Kasubdit 1 Krimsus Polda Sulsel Kompol Herly Purnama saat di konfirmasi langsung di ruangannya Tidak dapat ditemui. Selasa (26/4/2022)

Beberapa anggota Krimsus di ruangan tersebut mengatakan jika Kasubdit tidak berada di ruangan,

“Bapak tidak ada di ruangan, coba telepon atau dichat (WA) dulu.” ucap salah seorang polisi di ruangan itu.

Dari penggerebekan Tersebut, ditemukan puluhan kosmetik ilegal berupa Tonik, Cream Wajah, Cairan Pembersih muka, beserta bahan bakunya, selain itu juga ditemukan wadah kosmetik kosong dan lembaran label merek Glasskin siap pakai.

Diketahui Lantai 1 Ruko tersebut dijadikan Salon kecantikan yang diduga hanya sebagai kedok untuk memuluskan penjualan kosmetik ilegal ke pelanggannya.

Sekedar diketahui, Sebuah Rumah toko (Ruko) di kota Makassar digerebek oleh sejumlah anggota Polisi, pada Rabu (20/04/2022) siang sekira pukul 15.40 Wita.

Sedikitnya lima orang anggota polisi dari Ditreskrimsus Polda Sulsel melakukan pemeriksaan di lantai 2 Ruko, yang diduga dijadikan tempat penjualan kosmetik ilegal.

Dari penggerebekan ini ditemukan puluhan kosmetik ilegal berupa Tonik, Cream Wajah, Cairan Pembersih muka, beserta bahan bakunya, selain itu juga ditemukan wadah kosmetik kosong dan lembaran label merek Glasskin siap pakai.

Pemilik Ruko inisial AAN mengaku kepada polisi telah melakukan aktivitas ilegalnya selama kurang lebih setahun, dia membeli bahan baku dan menjualnya secara online.

” Maaf ya, saya keberatan dengan kehadiran wartawan. Nanti kita ketemu di Polda besok, saya protes ini siapa yang kasih info” tukasnya. Minggu (24/4/2022)

Ditempat yang sama, Suami AAN saat dikonfirmasi, mengungkapkan bahwa kosmetiknya diedarkan melalui informasi dari teman ke teman.

“Kita lihat sendiri, kalau ada orang baru kita jual, biasanya kalau ada orang yang beli dia sampaikan lagi ke temannya, Jadi dari teman ke teman. Izinnya sudah lengkap kok. karena sudah diurus semua sama istri ku.” ujarnya.

Suami AAN mengakui, tidak kaget saat digerebek polisi, karena pernah mengalami hal serupa di luar kota Makassar.

“Itu Wajar, karena saya juga sudah pernah alami waktu adik digrebek di daerah. Yah mau bagaimana lagi kita ikuti saja prosesnya.” ucap.

Setelah ditelusuri dokumen perizinannya, Diduga usaha AAN tidak mengantongi Izin edar kosmetik dari Balai BPOM dan tidak memiliki izin usaha kosmetik dari Pemerintah daerah.

Diketahui Lantai 1 Ruko tersebut dijadikan Salon kecantikan, diduga hanya sebagai kedok untuk memuluskan penjualan kosmetik ilegal ke pelanggannya.

Salah seorang anggota Ditreskrimsus Polda Sulsel saat dimintai keterangan, juga terkesan menghindar lalu mengarahkan wartawan untuk langsung datang ke Ditkrimsus Polda Sulsel

“Maaf pak, Saya tidak bisa berkomentar, langsung mki saja ke kantor.” singkat anggota polisi selaku koordinator giat penggeledahan tersebut.

Terpisah, dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp Direktur Kriminal Khusus Polda Sulsel Kombes Pol Widoniy Fedry menjawab singkat dan mengarahkan wartawan untuk menanyakan langsung kepada Kasubdit I Ditkrimsus.

” tanyakan langsung ke kasubditnya.” singkatnya melalui WhatsApp Widony.

Sementara, Kasubdit dihubungi sesuai saran Dirkrimsus, menjawab singkat, “Lanjut, Silahkan aja kalau mau ditulis, sudah sesuai fakta di lapangan.” ujarnya, Minggu (24/04/2022).

Pantauan Media ini, selama kurang lebih 40 menit Polisi melakukan penggeledahan di salah satu ruangan di lantai dua ruko, dan berhasil mengamankan sedikitnya dua (2) Dus ukuran sedang barang bukti berupa bermacam jenis kosmetik ilegal/racikan.

Bersambung….

(DS)

Pos terkait