Kongkow-kongkow di Tengah Corona, 10 Pemuda Dijerat Pasal 218 KUHP

Ilustrasi

Newszonamerah.com – Polisi Bekasi menelikung 10 Pemuda yang kedapatan masih kongkow-kongkow pada malam hari.

Mereka diamankan karena tidak mengikuti himbauan polisi saat berusaha dibubarkan

Bacaan Lainnya

“Kita sudah melakukan upaya tindakan tegas yang dilaksanakan pada malam Minggu kemarin, dimana ada sekelompok warga masyarakat yang masih berkerumun”

“Sudah diberikan imbauan berulang kali namun tidak diindahkan,” Kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes pol Rikwanto, Jumat (10/4/2020).

Mereka dibawa ke Mapolres Metro Bekasi Kota dan terancam Pasal 218 KUHP tentang Perbuatan Tidak Mengindahkan Instruksi Petugas.

“Dibawa ke Polres Metro Bekasi Kota untuk menjalani proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut, pada yang bersangkutan 10 orang kita kenakan Pasal 218 KUHP dengan ancaman hukuman 4 bulan kurungan,” pungkasnya.

Para remaja tersebut tidak ditahan di Mapolres Metro Bekasi Kota. Namun, ke sepuluh orang tersebut wajib lapor sampai kasusnya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri dan mendapatkan vonis.

“Iya tidak (ditahan), jadi saat itu setelah kita lakukan pemeriksaan kemudian juga melengkapi administrasinya yang bersangkutan buat pernyataan dan yang bersangkutan bisa kembali namun proses penyidikan tetap berjalan juga,” tutupnya.

Pasal 218 KUHP berbunyi: Barang siapa pada waktu rakyat datang berkerumun dengan sengaja tidak segera pergi setelah diperintah tiga kali oleh atau atas nama penguasa yang berwenang, diancam karena ikut serta perkelompokan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak Rp 9.000.

(Mulyadi)

Pos terkait