Lolos Program IISMA, Rektor Lepas Mahasiswa FK UMSU ke Irlandia

  • Whatsapp
Lolos Program IISMA, Rektor Lepas Mahasiswa FK UMSU ke Irlandia

Ket Foto : Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Agussani, MAP melepas mahasiswa Fakultas Kedokteran yang berhasil lolos dalam Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) ke Irlandia.

Newszonamerah.com – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Agussani, MAP melepas mahasiswa Fakultas Kedokteran yang berhasil lolos dalam Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) ke Irlandia.

Bacaan Lainnya

Acara pelepasan ditandai dengan pemberian tali asih kepada Shofiah Rahmah Harahap yang didampingi kedua orang tuanya di kampus pascasarjana  UMSU, di Jalan Denai, Sabtu (31/7/2021). 

Turut hadir Wakil Rektor I, Prof.Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH, M Hum, WR II, Dr. Akrim, MPd, WR III, Dr Rudianto, MSi, Dekan Fakultas Kedokteran UMSU Prof. Dr. Gusbakti Rusip dan wakil.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP mengaku banggga sekaligus bersyukur melepas mahasiswa terbaik dari FK-UMSU yang lolos seleksi IISMA ke Irlandia.  

Shofia menjadi satu-satunya mahasiswa asal Sumatera Utara yang dinyatakan lulus seleksi  program IISMA.

“Ini menjadi hasil terbaik dan menjadi contoh bagi mahasiswa UMSU lainnya bahwa mereka tidak kalah untuk berkompetisi dengan mahasiswa PTN/PTS terbaik di tanah air,” katanya. 

Rektor UMSU  juga berharap, Shofia dapat menjadi duta bangsa dan mampu memberi citra terbaik Indonesia di tengah pergaulan internasional.

“Sebagai mahasiswa UMSU yang dibekali karakter al Islam dan kemuhammadiyahan, saya yakin Shofia bisa membawa nama baik kampus sekaligus, nama baik Indonesia dalam aktivitas belajar dan pergaulan internasional,” katanya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin, Wakil Rektor II Dr. Akrim dan Wakil Rektor III Dr. Rudianto.

Dr. Rudianto mengatakan Shofia menjadi satu-satunya mahasiswa asal Sumatera Utara yang lulus  dari sebuah proses  seleksi Program IISMA yang sangat ketat. 

Pendampingan yang dilakukan UMSU dan tekad yang kuat dari mahasiswa menjadi kunci sukses untuk lolos seleksi ini.

“Mengikuti proses test program IISMA dan kemudian meloloskan Shofia terasa sangat prestisius,” kata Rudianto.

Sebagai penanggung jawab program kemahasiswaan, Rudianto, memberikan apresiasi atas pendampingan yang dilakukan  Lembaga Kantor Urusan Internasional  (LKUI) UMSU dalam semua proses  dari awal seleksi sampai pengurusan dokumen untuk keberangkatan.

Sementara itu, Dekan FK UMSU Prof. Dr. Gusbakti Rusip berharap Shofia selain dapat mengikuti kuliah satu semester di Irlandia, juga masih dapat mengikuti perkuliahan secara daring dari Indonesia.

Siap untuk Mandiri

Keberangkatan Shofia Rahmah Harahap disambut  gembira keluarga. Sang ayah, Zulfan Harahap, mengaku bersyukur dengan prestasi yang diraih sang anak sekaligus berterima kasih atas dukungan penuh UMSU.

“Terima kasih kepada pimpinan universitas dan fakultas sehingga Shofia bisa memiliki kesempatan untuk menimba ilmu dan pengalaman di luar negeri,” katanya.

Zulfan Harahap mengaku, tidak khawatir dengan putrinya karena sudah biasa mandiri selama kuliah di Fakultas Kedokteran UMSU. Sementara Zulfan bersama istri tinggal di Depok. 

“Shofia satu kost dengan kakaknya Ainun Ulfa Harahap yang juga mahasiswa FK UMSU saat ini sedang mengikuti proses co-ass di beberapa rumah sakit di Medan,” katanya.

Shofia, sendiri mengaku, siap untuk tinggal di Irlandia dengan segala perubahan iklim dan budaya di sana.

“Saya berkomitmen untuk menjadi ‘duta’ terbaik Indonesia dan duta UMSU di Irlandia,” ujarnya. (MC/Red)

Pos terkait