Mengenal Sosok Heri Koswara dan Potensinya untuk Kota Bekasi

  • Whatsapp
Mengenal Sosok Heri Koswara dan Potensinya untuk Kota Bekasi
BEKASI, Newszonamerah.com– Heri Koswara akrab disapa HerKos dan banyak juga yang menyapanya dengan Bang HK. Sosok lelaki satu ini sudah kaya dengan pengalaman menjadi wakil rakyat. 
Kiprahnya dimulai pada tahun 2004 ketika terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Bekasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan sejak saat itulah sepak terjang Heri Koswara di masyarakat semakin terasa dengan banyaknya bantuan penyaluran aspirasi serta meng-advokasi masyarakat yang berada di dapilnya dan Kota Bekasi pada umumnya. 
H. Heri Koswara, M.A. adalah putra daerah asli, darah Betawi mengalir kental dalam dirinya. Karakter orang Betawi yang pantang menyerah dan tidak takut menyuarakan kebenaran menjadi karakter kuat yang melekat padanya. 
Beliau pernah diamanahkan sebagai wakil ketua DPRD Kota Bekasi periode 2004-2019. Berbekal pengalamannya menjadi wakil rakyat di Kota Bekasi selama hampir 15 tahun, maka pada pemilu legislatif 2019 lalu Heri Koswara diamanahkan untuk naik gelanggang berkontribusi lebih besar bagi Jawa Barat dengan menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi IV. 
Selain Politik, dalam dunia Pendidikan Suami dari Nur Indah Harahap ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Islam Darul Hikmah (YAPIDH), yayasan yang bergerak di bidang pendidikan mulai tingkat TK hingga Perguruan Tinggi. 
Laki-laki yang lahir di Jatiasih Kota Bekasi 14 Juni 1971 ini memiliki dua orang putra dan satu putri, yaitu Abdullah Basam, Amatullah Basiimah, dan Muhammad Baasim. 
Kepeduliannya terhadap kegiatan sosial mendorongnya pula untuk mendirikan Yayasan Ibtisamah Mulia yang bergerak dalam Komunitas Deaf (Tuli). Ia juga menginisiasi Annas Foundation yang bergerak dalam pembinaan Pemuda Anti Narkoba. 
Bicara deretan pengalaman dan kiprahnya dalam perpolitikan di Kota Bekasi, Heri Koswara tercatat : 
Anggota DPRD Kota Bekasi 2004-2019 (3 periode) 
Ketua Komisi D DPRD Kota Bekasi 
Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bekasi 
Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi 2014-2019 
Ketua DPD PKS Kota Bekasi 2015-2025 (2 periode) 
Memimpin DPD PKS Kota Bekasi, ia berhasil membawa PKS menang pada pileg 2019 lalu, menempatkan 12 kader sebagai aleg sekaligus menempatkan satu kader terbaik sebagai Ketua DPRD Kota Bekasi. 
Heri Koswara kini diamanahi sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi IV 2019 – 2024 dan juga tergabung dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Jawa Barat. 
Belum lama ini, Lelaki yang punya GOR Bulutangkis dan Kolam Renang Syar’i ini juga terpilih menjadi Ketua AFK (Asosiasi Futsal Kota Bekasi), wadah para atlit dan pehobi futsal yang mayoritas dari kalangan milenial. Prestasi awalpun mulai ditorehkan dengan mengirim 2 atlit futsalnya masuk di tim futsal Jawa Barat dan mendapat medali perak di PON 20 Papua yang lalu. Tidak tanggung-tanggung di bawah Heri Koswara, AFK Kota Bekasi menargetkan Emas di Porda Jabar 2022 dan segera membangun stadion futsal berstandar internasional di tahun 2023 nanti. 
Melengkapi kiprahnya yang sudah ia jalani di dunia politik, pendidikan dan olahraga, terakhir Heri Koswara terpilih sebagai Ketua DPD LASQI Kota Bekasi kepanjangan dari Lembaga Seni dan Qosidah Indonesia. 
Rasa peduli akan seni budaya memanggil sosok lelaki yang senang memakai peci merah ini untuk memimpin lembaga seni tarik suara qosidah karena melihat belum banyak orang yang tertarik mengembangkan seni dan qasidah untuk eksis hingga tingkat nasional. Heri Koswara prihatin melihat salah satu seni Islam ini perlahan ditinggalkan dengan derasnya arus budaya asing yang masuk mewarnai keseharian masyarakat Indonesia. 
Melihat potensi dari kiprahnya di Kota Bekasi, maka tak salah bila sosok Heri Koswara ini digadang-gadangkan untuk bisa maju sebagai Walikota Bekasi yang akan datang. Dukungan tersebut terus mengalir mulai dari kalangan emak-emak, para pengurus lingkungan, komunitas, kaum milenial dan juga para tokoh Islam. Meskipun menjawab siap, namun semua keputusan ia serahkan kepada mekanisme Partai yaitu PKS. (@nt)

Pos terkait