Outreach Group SMES20 KOPITU Peroleh Dukungan Kemendag

 

Bacaan Lainnya

Radar Istana.

Bertempat di Kantor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo menghadiri pertemuan dengan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dan Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Ni Made Ayu Marthini pada Selasa (11/1). Pertemuan ini merupakan follow up dari event webinar yang sebelumnya diadakan KOPITU dengan mengundang Dirjen PEN dan Wamendag Jerry Sambuaga.

Dalam pertemuan tersebut, Yoyok menghadirkan pembahasan mengenai Outreach Group SMEs20 yang diusung oleh KOPITU sebagai wadah UMKM di Indonesia dalam menyambut G20 Indonesia 2022 mendatang.
“Bulan Maret tahun ini Insyaa Allah kita akan mengadakan side event mandiri bertajuk International SMEs20 Bootcamp & Expo, yang akan menghadirkan para pelaku SME dari negara-negara anggota G20. Rencananya kami akan adakan di Bali sebagai pulau iconic Indonesia yang memang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Konsepnya juga kita akan buat menyatu dengan alam, mengingat salah satu titik berat dalam G20 juga menyangkut lingkungan.”, ungkap Yoyok.

Di samping itu, KOPITU juga tengah merancang sebuah masterplan ekosistem dagang digital yang digadang-gadang sangat berpotensi menjadikan Indonesia pada posisi pusat perdagangan tersebut, jika implementasinya dapat berjalan dengan baik. Diketahui Masterplan ini berikatan kuat dengan G20 dan Outreach Group SMEs20, dan juga telah diajukan ke Kementerian Perdagangan sebagai salah satu model ideal pilot project dalam menyambut G20.

Ayu Marthini berpendapat bahwa peluang kerjasama dengan asosiasi seperti KOPITU dan usulan-usulan unggulan yang berpotensi memajukan perdagangan di Indonesia sangat diapresiasi oleh pihaknya dan Kementerian Perdagangan pada umumnya. “Ini yang kita harapkan dengan hadirnya asosiasi yang bekerja dekat dengan pemerintah. Usulan ini kami terima dengan sangat baik dan akan kita pelajari bersama.”, tutur Ayu Marthini.

“Luar biasa, saya apresiasi kinerja KOPITU karena sangat aktif dalam mengolah fikir peningkatan ekspor. Sebelumnya juga dari Pak Kasan sudah saya dengar beberapa progress baik dari KOPITU. Semoga ke depan hal ini bisa kita tindaklanjuti bersama ya pak dan juga kita kembangkan sama-sama.”, ungkap Didi.

Sebelumnya dalam event Webinar yang diadakan KOPITU, Wamendag Jerry Sambuaga juga telah menyampaikan dukungan pihak Kementerian Perdagangan terhadap apa yang sedang dikerjakan KOPITU saat ini. Jerry berharap bahwa ide-ide dan peluang saat ini dapat diserap dan dibantu dengan baik oleh pemerintah selama momentum G20 masih sangat terasa dan akan semakin meningkat.(Zulham Daeng)

Pos terkait