Perang Taliban dan Pasukan Afghanistan Semakin Intensif

  • Whatsapp
Perang Taliban dan Pasukan Afghanistan Semakin Intensif


Seorang juru bicara tentara Afghanistan, Minggu (1/8), mengatakan tiga provinsi di bagian selatan dan barat Afghanistan kini menghadapi situasi keamanan “kritis” seiring meningkatnya pertempuran antara Taliban dan pasukan pertahanan keamanan nasional Afghanistan.

Kantor berita Associated Press mengutip Jenderal Ajmal Omar Shinwari mengatakan situasi di Lashkar Gah, Helmand, di mana tentara berencana mencegat gerakan Taliban dan melancarkan serangan, kini sangat serius.

Bacaan Lainnya

Pihak berwenang Provinsi Helmand mengatakan Taliban telah meningkatkan pasukannya di Laskhar Gah pada Minggu (1/8), membenarkan bahwa pemberontak itu kini menguasai distrik ketujuh di kota itu.

Perang diantara pasukan Taliban dan Afghanistan telah meningkat seiring penarikan mundur pasukan Amerika dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Alliance Treaty Organization/NATO) dari negara yang dikoyak perang itu. 

Dalam beberapa bulan ini Taliban berusaha merebut sejumlah ibu kota provinsi, setelah mengambil alih beberapa distrik administratif yang lebih kecil.

Bagian selatan Kandahar – wilayah di mana Taliban awalnya berdiri – serta Provinsi Helmand dan Herat telah menjadi pusat pertempuran. [em/lt]

 

 

Pos terkait