Peternakan Ayam Joper Di Dusun Kebonsari Karangwinongan Mojoagung, Menjawab Kebutuhan Semua Konsumen.

  • Whatsapp
Peternakan Ayam Joper Di Dusun Kebonsari Karangwinongan Mojoagung, Menjawab Kebutuhan Semua Konsumen.

Bacaan Lainnya

Jombang,Newszonamerah.com

Budidaya ternak ayam Joper memang sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha yang berada didaerah Mojoagung, karena didaerah tersebut dekat dengan pasar tradisional untuk memasarkan kebutuhan para konsumen, khususnya ayam.

Ayam joper usaha rumahan milik Nur Umalah yang terletak di Dusun Kebonsari RT.01 / RW.02 Desa Karangwinongan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur adalah peternak ayam joper berskala sedang.

Untuk menjawab semua kebutuhan konsumen didaerah Mojoagung sampai kabupaten Jombang mengenai ayam maupun daging ayam, Nur Umalah sengaja membudidaya ayam joper, sebab menurut beliau beternak ayam mudah untuk memasarkan baik ayam hidup maupun daging ayam.

Nur Umalah memilih budidaya ayam, dikarena pertumbuhan ayam joper sangat cepat dan mudah dalam segi perawatannya, selain itu untuk pemberian pakan juga banyak alternatif tidak harus murni pakan ternak ayam.

Untuk kapasitas ayam joper milik Nur Umalah saat ini berkisar kurang lebih 350 ekor, terdiri dari 200 ekor ayam joper dewasa dan 150 ekor ayam joper umur 3 Minggu.

Dengan jumlah itu rencana kedepan Nur Umalah akan menambah jumlah ayam dari umur seminggu kurang lebih 400 ekor, karena dirasa Nur bahwa kandang ternak miliknya saat ini sudah mencukupi untuk menambah jumlah kapasitas ayam baru yang masih berumur mingguan.

Selain bisa menambah jumlah ternak, Nur juga bisa menjawab kebutuhan konsumen yang membutuhkan mulai dari ayam hidup dan juga kebutuhan daging ayam.

Dalam hal pengembangan usaha ternak ini, Nur berharap dari bantuan berupa tambahan dana serta bimbingan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang untuk memperhatikan dan juga bisa merealisasikan bagi pelaku usaha berkapasitas menengah kebawah.

Instansi terkait yang dimaksud, Disperindag Kabupaten Jombang, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Jombang supaya bisa membantu dalam hal kemajuan dan perkembangan bisnis budidaya ayam joper milik Nur Umalah.

Demi menyokong kebutuhan perekonomian keluarga dan juga memajukan usaha yang sudah dirintis Nur selama 2 tahun belakangan ini dan Nur tetap mengedepankan pemasokan ayam dan daging ke pasar mojoagung.

Kedepan, Nur berharap bisa mengembangkan pasokan kebutuhan ayam dan daging tersebut  ketoko supermarket bahkan swalayan yang ada didaerah Kabupaten Jombang dan juga dikabupaten luar Jombang.

Penulis : Hendrik

Editor : Ester Mardiana.p

Pos terkait