Polisi Lalai, Tahanan Kasus Jambret Kabur

Ilustrasi

Newszonamerah.com – Wayan Ngongek, tahanan Polsek Kuta berhasil kabur. Pemuda 20 tahun tersebut belum diketahui keberadaannya dan masih diburu polisi

Kapolresta Denpasar, Kombes Ruddi Setiawan mengatakan, awal mula Ngongek melarikan diri dari tahanan, ketika ia dibawa ke klinik lantaran mengaku penyakit asmanya kumat, pada Senin (3/2/2020)

Bacaan Lainnya

Sesampainya di klinik, tahanan kasus jambret yang ditangkap pada Kamis 26 Januari 2020, ditinggalkan seorang diri.

Sejatinya, Ngongek dikawal dua orang polisi. Usai dari klinik, tahanan asal Desa Munti Gunung, Tianyar, Karangasem ini dikembalikan lagi ke sel

Namun, sebelum dimasukkan ke dalam sel tahanan, Ngongek kembali mengeluh nafasnya sesak.

Polisi yang mengawalnya mengistirahatkan Ngongek di depan ruangan Reserse di lantai dua Polsek Kuta.

Kemudian, satu orang petugas mengambil alat oksigen guna diberikan kepada Ngongek. Sementara petugas lainnya pergi mengambil berkas di dalam ruangan.

Sadar ditinggal seorang diri tanpa pengawalan, Ngongek melarikan diri. Apalagi saat itu dia sudah tiga kali tak diborgol.

Pelarian Ngongek diduga melalui jendela dan melompat ke rumah warga.

“Pada saat tahanan itu mengaku asmanya kumat, dia diistirahatkan dulu di sana. Dua orang anggota meninggalkannya seorang diri. Saat kedua petugas datang, tahanan tersebut sudah kabur, tersangka sudah tidak ada,” ujar Kombes Ruddi, Kamis (6/2/2020)

Ruddi melanjutkan, masih terus melakukan pengejaran terhadap tersangka. Keberadaan tersangka belum diketahui, namun Kapolresta yakin dia masih berada di wilayah Bali.

“Saya minta kepada yang bersangkutan untuk menyerahkan diri,” tutur Kombes Ruddi.

Ruddi menjelaskan, peristiwa ini terjadi akibat kelalaian anggotanya dalam mengawal tersangka. Ruddi memastikan petugas lalai mengawal tersangka dan akan dikenakan sanksi.

“Hasil pemeriksaan medis memang dia menderita penyakit asma. Tahanan itu seperti tikus. Kalau kita lihat, dia diam. Agak lengah sedikit, dia kabur,” katanya.

(RS)

Pos terkait