Proyek Tak Bertuan di Desa Purnakarya Dipertanyakan Publik

Proyek jalan di depan Markas Benteng Gajah, Desa Purnakarya, Kabupaten Maros, dipertanyakan publik

Newszonamerah.com – Proyek jalan beton di depan Markas Benteng Gajah, Desa Purnakarya, Kabupaten Maros dinilai tidak transparansi.

Sejak dimulainya proyek tersebut hingga proses pengecoran tidak ada satupun papan nama proyek yang dipasang hingga selesai.  

Bacaan Lainnya

Tidak terpasangnya plang papan nama pada proyek tersebut, sangat bertentangan dengan semangat keterbukaan dan transparansi

Padahal diketahui, hal itu sudah tertuang dalam UU No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Dengan tidak dipasangnya papan nama, masyarakat tidak bisa turut mengontrol pembangunan tersebut.

Kondisi ini membuat beberapa kalangan Masyarakat yang ingin mengetahui sumber dana, nilai kegiatan, dan volume kegiatan yang sedang dikerjakan menjadi tidak tahu.

Menurut salah seorang warga, dengan tidak adanya papan proyek sudah memperlihatkan bentuk tidak transparan pihak pemborong atau kontraktor dalam pelaksanaan pengerjaan proyek di lapangan.

“Papan proyek tersebut sebagai wahana informasi publik yang perlu disampaikan kepada umum sehingga tidak muncul kecurigaan-kecurigaan bagi pihak lain.” ujar warga yang enggan disebutkan namanya.

Selain itu, dirinya juga menyesalkan lemahnya pengawasan dari berbagai pihak

Bahkan Dinas PU Maros selaku pihak terkait yang terkesan tutup mata atas

Padahal, pengerjaan proyek sudah mulai dikerjakan sejak beberapa hari yang lalu.

Dikhawatirkan, jika plang tidak segera dipasang, akan menimbulkan pertanyaan di masyarakat tentang transparansi penggunaan anggaran

Sementara itu, Sekretaris Desa Purnakarya Triyuda mengatakan, “bahwa itu bukan proyek desa, itu dari kabupaten pak” ujarnya Selasa (10/3/2020)

Sampai berita ini selesai ditulis belum ada pihak terkait yang memberikan keterangan

(Darwis)

Pos terkait