Raja Belanda Minta Maaf Atas Kekerasan di Masa Penjajahan Indonesia

Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berjalan setibanya di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, (Foto: ANTARA)

Newszonamerah.com – Raja Belanda Willem Alexander meminta maaf atas kekerasan yang dilakukan Belanda di masa penjajahan.

Permintahan maaf itu dilakukan saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Bacaan Lainnya

Dia mengakui bahwa masa lalu tak bisa dihapus, dan akan tetap menjadi catatan sejarah.

Willem lalu meminta maaf atas kekerasan yang dilakukan pihak Belanda saat penjajahan di masa lalu.

Sebagaimana diketahui, Indonesia pernah dijajah Belanda selama 350 tahun.

“Saya menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf saya atas kekerasan berlebihan dari pihak Belanda pada tahun-tahun itu,” kata Willem di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020)

Tak hanya itu, sebelum menyampaikan permintaan maaf tersebut, di awalnya dia mengucapkan selamat atas usia kemerdekaan Indonesia yang kini menginjak 75 tahun pada peringatan tahun 2020 ini.

“Pada 17 Agustus, ini akan menjadi tahun ke-75 sejak Indonesia menyatakan proklamasi, mengklaim menjadi bagian dari negara yang merdeka dan bebas,” kata Willem Alexander

Belanda, kata Willem, berkomitmen untuk memperkuat relasi dengan Indonesia ke depannya.

Dia juga menyatakan, tiap generasi baik di pihak Indonesia atau Belanda harus mengetahui sejarah di masa lalu.

Selain di Ibu Kota, Raja dan Ratu Belanda juga dijadwalkan akan mengunjungi Kalimantan Tengah. Belum diketahui, dalam agenda apa dia mengunjungi provinsi calon ibu kota baru itu.

(RS)

Pos terkait