Tambang Liar di Bulukumba Longsor, Empat Tewas, Satu Kritis

Warga saat mengevakuasi para korban tertimpa longsoran batu kapur di Bulukumba

Newszonamerah.com – Lima dari empat orang warga asal Kabupaten Sinjai tewas tertimbun longsor di bekas galian Tambang liar Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Kejadian tersebut terjadi di Dusun Kaleleng Bulu, Desa Caramming, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Minggu (19/4/2020)

Bacaan Lainnya

Akibat peristiwa itu, sebanyak lima orang dievakuasi, empat dinyatakan meninggal dunia, dan satu masih kritis

Adapun korban yang meninggal yakni Jafar (50), Bambang (20), Akbar (25), dan Wahyu (7) yang masih duduk dibangku SD. Sementara korban yang selamat yakni Mahir Mappi (40)

Kasat Reskrim Polres Bulukumba, AKP Berry Juana Putra mengatakan, longsoran yang terjadi di lokasi penambangan batu kapur, mengakibatkan empat orang meninggal dan satu berhasil dievakuasi dengan selamat.

“Mereka ini pekerja tambang batu kapur yang saat itu tengah mengambil batu kapur dan tiba-tiba longsor. Empat ditemukan meninggal dan satu orang berhasil dievakuasi selamat” kata Berry Juana saat kepada wartawan

Berry menjelaskan, longsor yang terjadi di lokasi tambang batu kapur itu karena pekerja ini melakukan pengambilan batu kapur dengan cara manual, yaitu menggunakan linggis dan alat lainnya.

Kemudian, batu kapur itu lansung jatuh kedalam bak mobil yang sebelumnya diparkir dikubangan galian tambang.

Tapi nahasnya, tiba-tiba terjadi longsor di sekitar tambang dan menimpa kelima pekerja tersebut. Satu orang yang merupakan tukang pabrik batu berhasil menyelamatkan diri sedangkan empat lainnya meninggal dunia.

“Maksud para pengambil batu kapur ini, dirinya mengambil karena untuk di olah menjadi pupuk tambak, tapi pengolahannya di wilayah Sinjai” terangnya.

Berry menambahkan, kasus ini sementara dalam penyelidikan. Pihaknya saat ini memeriksa sang pemilik lokasi tambang dan kendaraan dumb truk yang digunakan mengangkut batu telah diamankan di Mapolres Bulukumba.

Sementara para korban telah dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan dan dimakamkan

(Andi Bur)

Pos terkait