Usut SOP Penembakan Pengawal Habib Rizieq, Divpropam Polri Turun Tangan

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo dimutasi menjabat Kadivpropam Polri. (Foto: Istimewa)

Newszonamerah.com – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri membentuk tim khusus untuk mengungkap apakah tindakan penembakan pengawal Habib Rizieq Shihab telah sesuai standar operasional prosedur (SOP) atau tidak.

Diketahui, dalam peristiwa di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Senin (7/12/2020), enam laskar khusus FPI tewas ditembak polisi. Mereka diduga menyerang anggota Polda Metro Jaya.

Bacaan Lainnya

“Jadi kami proaktif untuk membentuk tim melakukan pengawasan dan pengamanan terkait tindakan kepolisian yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan Perkap 8/2009,” kata Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo seperti yang dilangsir Kompas.com, Selasa (8/12/2020)

Adapun, Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009 mengatur tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara RI.

Ferdy menuturkan, tim yang baru dibentuk itu beranggotakan 30 orang.

Nantinya, anggota Polda Metro Jaya yang terlibat bentrok juga akan dimintai keterangan.

“Nanti akan kami lakukan proses pasti, kita akan cek administrasinya, cek olah TKP-nya seperti apa, bagaimana kejadiannya,” tutur dia.

Ferdy memastikan pihaknya akan transparan dalam mengusut kasus ini.

(KC/IS)

Pos terkait